Mengenal Operasi Dasar Excel


Dalam Excel, kita akan selalu bertemu dengan workbook dan worksheet, Kedua istilah tersebut akan selalu berhubungan dengan pekerjaan kita di Excel. sebelum kita menggunakan Excel untuk pekerjaan tingkat yang lebih lanjut, Berikut ini akan dijelaskan beberapa tahapan pengoperasian dasar pada Excel.

BEKERJA DENGAN WORKBOOK

Workbook merupakan file Excel yang di dalamnya terdiri dari beberapa worksheet. Workbook bisa diibaratkan seperti sebuah buku yang terdiri dari lembar-lembar kertas yang disebut juga sebagai worksheet di Excel.

MEMBUAT WORKBOOK BARU

Untuk membuat sebuah file Excel atau workbook baru, ikuti langkah berikut ini:

1- Klik Start > All programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007.
Jika kita klik Microsoft Office Excel 2007 maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :
Cara lain yang bisa digunakan untuk membuka workbook yaitu :

Tekan Windows + R maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
Ketik Excel lalu tekan Enter.

MENUTUP WORKBOOK

Untuk menutup workbox yang aktif klik tanda Close (X) pada bagian kanan atas aplikasi Excel yang sekaligus akan menutup aplikasi tersebut juga atau bisa menggunakan cara Klik Office Button -> Close (Ctrl + W) yang akan menutup workbooxnya saja.

Apabila workbook nya belum tersimpan, ketika menutupnya maka akan muncul konfirmasi untuk klik Save, apabila kita ingin menyimpan file tersebut; klik Don't Save, apabila kita tidak ingin menyimpan file tersebut; klik Cancel, untuk membatalkan proses menutup workbook.
MEMBUKA WORKBOOK YANG TELAH DIBUAT

Apabila kita sudah memiliki workbook Excel yang sudah kita buat dan tersimpan di komputer kita, jika kita ingin membuka workbook tersebut maka ikuti langkah berikut :
- Pilih Office Button
- Pilih file yang ada di Recent Dokuments

Jika tidak ada di Recent Dokuments bisa juga membukanya dengan cara dibawah ini:
- Klik Office Button > Open ( Ctrl + O )
- Cari lokasi penyimpanan
- Pilih file yang ingin dibuka, misalnya Sample
- Klik Open
MENYIMPAN WORKBOOK BARU

Setelah selesai melakukan pekerjaan dengan Excel atau ingin menyimpannya terlebih dahulu karena khawatir pekerjaan tersebut hilang karena hal-hal yang tidak diinginkan, kita dapat menyimpan bobok baru tersebut dengan cara : 
- Jika pertama kali menyimpan maka tekan (Ctrl + S)
- Pilih lokasi penyimpanan
- Ketik nama file yang ingin kita simpan
- Pilih tipe file yang ingin kita simpan
- Klik Save 
jika kita sedang bekerja dan ingin menyimpan dengan nama file yang berbeda. caranya klik tombol Office > Save As > Excel Workbook selanjutnya sama prosesnya seperti gambar di atas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Worksheet Pada Excel

Sejarah Excel

Pengenalan Microsoft Excel